Busana Muslim

Cara Memilih Sajadah yang Baik

March 16, 2017
Cara Memilih Sajadah yang Baik

Sholat adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam. Selain mengenakan pakaian yang dianjurkan, umat muslim juga memakai sajadah untuk menjaga kesucian ketika beribadah. Ini adalah selembar alas yang digunakan khusus untuk sholat. Alas ini harus dijaga tetap suci dari segala najis karena salah satu syarat bisa digunakan sebagai alas sholat adalah bersih dan terhindar dari najis besar maupun najis kecil. Ketika ingin membeli alas ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Cara Memilih Sajadah yang BaikTips Cerdas Membeli Sajadah

1. Desain dan Corak Sajadah
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ulang dari membeli sajadah yaitu memilih desain dan corak yang simpel dan sederhana. Hal ini tidak berarti Anda harus membeli motif polos yang tak ada gambarnya sama sekali. Akan tetapi, sebaiknya pilih desain yang sederhana dan tak terlalu banyak ornamen atau gambar-gambar yang menghiasi. Terlalu banyak gambar terkadang bisa mengganggu kekhusyukan Anda ketika beribadah sholat.

2. Bahan Sajadah
Ketika membeli alas sholat ini, perhatikan dengan teliti bahan yang digunakan. Bahan yang terbaik adalah yang nyaman dipakai. Sajadah yang terlalu kasar tentu akan membuat perasaan kurang nyaman saat beribadah. Sedangkan, alas yang terlalu lembut juga bisa membuat Anda terlena. Sebaiknya pilih yang lembut, namun tidak berlebihan. Dengan komposisi yang pas, ibadah akan lebih terasa khusyuk.

3. Pemilihan Warna
Seperti pakaian, sajadah juga mempunyai banyak varian warna. Ada yang berwarna-warni, polos, serta warna kalem seperti pastel. Agar ibadah Anda lebih lancar, pilihlah warna yang cantik namun tidak terlalu mencolok mata. Warna alas yang terlalu berlebihan tak hanya mengurangi fokus dalam beribadah namun membuat seseorang yang sedang beribadah di samping juga jadi agak terganggu. Warna-warna yang lembut seperti pastel adalah salah satu warna yang dianjurkan karena tak mencolok dan indah.

4. Harga Terjangkau
Membeli alas sholat ini jangan terpaku pada bahan dan motif saja. Perhatikan pula harga yang tertera apakah sesuai budget atau tidak. Pembeli yang realistis adalah yang membeli barang sesuai uang di kantongnya. Banyak sajadah yang berkualitas dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Sebaiknya ketika menemukan alas sholat yang murah, teliti kualitasnya terlebih dahulu. Jangan mudah tergiur karena jika ternyata Anda membeli alas yang kurang awet, maka akan ada sedikit penyesalan di kemudian hari.

Cara Memilih Sajadah yang Baik5. Beli Ukuran yang Tepat
Saat berada di toko, ingat-ingat kembali tujuan membeli alas ini. Apakah untuk dibawa ke masjid, di rumah, atau dibawa traveling. Jika akan digunakan di rumah atau di masjid, maka bisa memilih bahan yang agak tebal dengan permukaan yang lembut. Ukurannya bisa menyesuaikan. Bisa pilih yang agak besar atau sesuai ukuran standar yang tersedia. Nah, untuk dibawa traveling atau kemana-mana pilihlah yang agak tipis dan praktis sehingga mudah dilipat dan tak memakan tempat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan alas sholat terbaik. Cara pertama yaitu membeli langsung di tokonya. Ini mungkin sedikit ribet karena pembeli harus meluangkan waktunya untuk datang ke tempat penjualannya. Namun, dengan cara ini pembeli bisa memilih bahan, corak, dan warna yang diinginkan. Barang juga bisa dipegang langsung. Cara kedua membeli sajadah yaitu secara online. ada banyak olshop yang jual alas sholat ini. Tinggal sekali klik saja Anda bisa memesannya tanpa keluar dari rumah Anda. Perlu diingat Anda harus ekstra hati-hati ketika membeli di olshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *